Mendorong Literasi Profesional Melalui Portal Khusus dan Jaringan Konten Digital

    Mendorong Literasi Profesional Melalui Portal Khusus dan Jaringan Konten Digital

    Inovasi-Literasi merujuk pada kemampuan seseorang untuk membaca, memahami, menafsirkan, dan menggunakan informasi tertulis dalam kehidupan sehari-hari. Secara lebih luas, literasi juga mencakup kemampuan untuk memahami dan menggunakan berbagai jenis media dan informasi, termasuk media digital, audio, dan visual. Literasi tidak hanya tentang kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga tentang kemampuan untuk memahami, menganalisis, dan mengevaluasi informasi, serta menggunakan informasi tersebut secara efektif dalam berbagai konteks.

    Literasi sangat penting dalam masyarakat modern karena menjadi kunci untuk berpartisipasi secara aktif dalam kehidupan sosial, ekonomi, dan politik. Individu yang memiliki tingkat literasi yang tinggi cenderung memiliki kesempatan yang lebih baik untuk berhasil dalam pendidikan, karier, dan kehidupan secara umum.

    Selain literasi bahasa, ada juga literasi digital yang melibatkan kemampuan untuk menggunakan teknologi digital dan memahami informasi yang ditemukan dalam lingkungan digital. Literasi media juga penting, termasuk kemampuan untuk mengenali, mengevaluasi, dan menggunakan media dengan kritis dan bertanggung jawab.

    Dalam rangka mendukung Gerakan Literasi Nasional, Group Media Online Indonesia Satu membuat beberapa portal yang disediakan untuk para akademisi. Untuk para profesor, disediakan PROF.OR.ID; untuk para doktor, disediakan PHD.OR.ID; untuk para dosen yang masih bergelar Master, disediakan LECTURER.OR.ID. Semua postingan, selain muncul di portal masing-masing, juga dapat muncul di portal WARTAKAMPUS.COM secara otomatis.

    Untuk meningkatkan literasi ke profesi lain, juga disiapkan portal khusus. Untuk para Akuntan, disediakan ACCOUNTANT.OR.ID; untuk Auditor, disediakan CPA.OR.ID; untuk pengacara, disediakan LAWYER.OR.ID dan ADVOCATE.OR.ID. Terdapat juga 250 media online lain yang saling terkoneksi satu sama lain dengan menggunakan mekanisme Content Delivery Network (CDN).

    CDN adalah singkatan dari "Content Delivery Network" atau Jaringan Pengiriman Konten dalam bahasa Indonesia. Ini adalah infrastruktur yang terdiri dari sejumlah server yang tersebar di berbagai lokasi geografis di seluruh dunia. Tujuan utama dari CDN adalah untuk meningkatkan kinerja dan kecepatan pengiriman konten digital, seperti halaman web, gambar, video, atau file lainnya, kepada pengguna akhir.

    Setiap pengguna dapat dibuatkan Extension web dengan menggunakan nama, organisasi, nama perusahaan, dan lain sebagainya, seperti HIDAYATULLAH.PHD.OR.ID , HIDAYATULLAH.CPA.OR.ID atau dari portal ALUMNI.OR.ID untuk Ikatan alumni UNILA dibuat IKADE.ALUMNI.OR.ID.

    hidayatullah literasi
    Dr. Hidayatullah

    Dr. Hidayatullah

    Artikel Sebelumnya

    TV Parlemen Live Streaming

    Artikel Berikutnya

    Mahkamah Agung RI dan Hoge Raad Kerajaan...

    Komentar

    Berita terkait